Rabu, 18 Januari 2012

Ukuran dan Gambar Lapangan Futsal

Ini karena banyaknya tamu yang hadir ke blog saya karena sakhirnya saya menyempatkan diri untuk memindahkan file ini> Dan untuk teman-teman semoga sesuai apa yang teman-teman cari:
Ukuran:
Lapangan Futsal berbentuk persegi panjang, dengan ukuran sebagai berikut:
* Panjang: 25 – 42 m.
* Lebar: 15 – 25 m.
Ukuran standar pertandingan futsal internasional:
* Panjang: 38 – 42 m.
* Lebar: 18 – 25 m.
Tanda Lapangan:
  1. Lapangan ditandai dengan garis pembatas lapangan. Garis yang berukuran lebih panjang disebut garis samping (touch line), sedang garis yang lebih pendek adalah garis gawang (goal line).
  2. Lebar garis pembatas 8 cm.
  3. Lapangan dibagi menjadi dua bagian yang sama luas dan diberi garis. Garis ini disebut garis tengah.
  4. Titik tengah ditandai dengan titik tepat di tengah lapangan, lalu garis melingkar dibuat dengan titik pusat di titik tengah tersebut dengan jari-jari lingkaran 3 m.
Area Penalti
Daerah di depan gawang yang ditandai dengan garis setengah lingkaran disebut daerah penalti. Penentuan areal penalti adalah:
  • Dibuat dua garis seperempat lingkaran berjari-jari 6 m di dalam lapangan dengan titik pusat setiap tiang gawang.
  • Satu ujung tiap garis seperempat lingkaran menempel di garis gawang. Satu ujung yang lainnya tepat berada di depan setiap tiang gawang. Kedua ujung yang berada di depan kedua tiang gawang dihubungkan dengan garis lurus sepanjang 3,16 m sejajar dengan garis gawang. Mengapa harus 3,16 m? Karena 3,16 m ini didapat dari jumlah lebar gawang dan diameter ketebalan dua buah tiang gawang, yang masing-masing diameternya 8 cm.
Titik Penalti Pertama:
Posisinya berjarak 6 m dari titik tengah antara kedua tiang gawang.
Titik Penalti Kedua:
Posisinya berjarak 10 m dari titik tengah antara kedua tiang gawang.
Daerah Tendangan Sudut
Di setiap masing-masing sudut lapangan dibuat seperempat lingkaran dengan jari-jari 25 cm.
Daerah Bebas
Daerah bebas ini terletak di lima meter sekeliling garis tengah lapangan. Daerah ini harus bebas pandangan ke lapangan, karena di sisi luar daerah bebas ini terdapat meja wasit ketiga dan pencatat waktu. Jarak meja wasit ketiga ini minimal dua meter dari garis tepi lapangan.
Daerah Pergantian Pemain
Lima meter setelah garis daerah bebas adalah daerah pergantian pemain. Daerah ini ditandai dengan garis yang memotong garis samping. Lebar garis ini adalah 8 cm, dan panjangnya 80 cm (40 cm di dalam lapangan, 40 cm di luar lapangan).
Gawang
Gawang harus ditempatkan di bagian tengah masing-masing garis gawang. Lebar gawang adalah 3 m diukur dari bagian dalam tiang. Sedangkan tinggi gawang adalah 2 m diukur dari bagian dalam tiang palang atas gawang ke lantai.
Bentuk penampang tiang yang diperbolehkan adalah kotak dan lingkaran, namun bentuk penampang lingkaran lebih dianjurkan, karena selain relatif lebih aman jika terjadi benturan juga pantulan bola dengan tiang penampang bundar lebih menghasilkan arah yang akurat.
Jaring gawang berbahan nilon, yang diikatkan ke tiang dan palang gawang. Kedalaman gawang adalah 80 cm untuk bagian atas gawang, dan 100 cm untuk bagian bawah.
Permukaan Lapangan
Permukaan lapangan harus halus, rata dan tidak licin. Bahan yang disarankan adalah kayu / parkit. Sangat tidak disarankan menggunakan bahan beton dan paving stone. Pemilihan bahan permukaan lapangan ini bertujuan mengutamakan keselamatan pemain futsal.
Ketetapan:
  1. Jika garis gawang antara 15-16 m, radius seperempat lingkaran hanya diukur sebesar 4 m. Dalam hal ini titik penalti tidak lagi ditempatkan pada garis yang dibatasi daerah penalti, tapi berada pada jarak 6 m dari titik tengah antara posisi kedua tiang gawang.
  2. Garis dapat digambarkan di luat lapangan, 5 m dari sudut lapangan dan pada sudut kanan dan kiri dari garis gawang untuk memastikan jarak ini dapat diamati bila tendangan sudut dilakukan. Lebar garis ini 8 cm.
  3. Dua garis tambahan dengan masing-masing jarak 5 m pada kanan dan kiri titik penalti kedua untuk menggambarkan jarak pengamatan ketika tendangan bebas dilakukan dari titik penalti kedua.
  4. Tempat duduk pemain cadangan berada di belakang garis pembatas lapangan, tepat di samping daerah bebas yang berada di depan meja pencatat waktu (time keeper).
supported by  info futsal, lapangan futsal, gambar lapangan futsal, futsal, ukuran lapangan futsal, gambar lapangan, ukuran, info-futsal-parkour.blogspot.com, Tips Trik Kiper Futsal, Dunia Kiper Futsal





USAHA LAPANGAN FUTSAL  
ANALISA USAHA
Beberapa asumsi di dalam pembiayaan bagi usaha futsal , yaitu umur ekonomis bangunan ditaksir selama 20 (dua puluh) tahun, penyusutan menggunakan metode garis lurus.  Analisis ini didasarkan atas lapangan indoor.
Modal awal:
  • Lahan, bangunan & peralatan
Rp.
150.000.000,00
  • Perizinan
Rp.
3.000.000,00
  • Bangunan Lapangan 600 m2
Rp.
240.000.000,00
  • Peralatan dan infrastruktur
Rp.
10.000.000,00
  • Peralatan administrasi
Rp.
3.000.000,00
Jumlah modal awal Rp.
406.000.000,00
Perhitungan laba/rugi per bulan
Penerimaan satu bulan:
  • Sewa lapangan: 80 jam @ Rp 150.000,00
Rp.
12.000.000,00
Pengeluaran satu bulan: .
  • Beban listrik, air, sampah
Rp.
1.200.000,00
  • Maintenance
Rp.
700.000,00
  • Gaji 2 karyawan
Rp.
1.800.000,00
  • Penyusutan
Rp.
1.045.833,00
Jumlah Pengeluaran Rp.
4.745.833,00
Laba bersih satu bulan Rp.
7.254.167,00






PROSPEK USAHA

 

 
Futsal merupakan salah satu olah raga yang kian banyak digemari. Sebagaimana halnya sepak bola, para penggemar olah raga futsal  cukup cukup banyak, terutama sekali para kawula muda. Selama ini, ketersediaan lapangan futsal sudah cukup banyak, namun nampaknya masih belum mampu memenuhi kebutuhan konsumen

 
bahkan seringkali selang selama satu minggu sebelumnya, lapangan futsal sudah habis dipesan oleh penggunanya. Sementara pada saat  yang bersama pula, para pengguna lainnya pula menunggu jadwal penggunaan lapangan rutsal kosong atau berlomba-lomba memesan tempat.

 
Pada lokasi permukiman juga semakin banyak anak-anak dan  remaja yang membutuhkan sarana berolahraga futsal sekaligus arena bermain.  Pada daerah perkantoran juga merupakan potensi bagi usaha futsal. Realita ini menunjukkan bahwa masih terbukanya  peluang usaha bagi UMKM yang ingin mencoba usaha membuka lapangan futsal dengan harga yang relative bersaing dan terjangkau bagi konsumennya.
 

 
 
Gambar : http://bisnisukm.com; http://www.swaberita.com; http://i479.photobucket.com



TIPS KEBERHASILAN USAHA
 

http://www.swaberita.com
 
Usaha futsal memerlukan beberapa persiapan untuk memulainya.  Persiapan ini pada dasarnya merupakan langkah-langkah awal sebelum memulai usaha futsal agar teridentifikasi kebutuhan mendasar  yang diiperlukan baik dalam rangka penyediaan lahan, modal invesatsi, maupun pemenuhan bahan baku aupun peralatan.  Beberapa hal yang perlu dipersiapkan segala sesuatunya adalah sebagal berikut:
  1. Menentukan pilihan lokasi dan tempat yang akan dijadikan tempat futsal, lokasi yang dekat dengan permukiman atau perkantoran member nilai tambah. 
  2. Memilih lokasi dan tempat lapangan futsal sebaiknya mempertimbangkan aspek kenyamanan, keamanan, dan tidak mengganggu orang­-orang di sekitarnya.  Jika mungkin pilihlah lokasi dengan luas yang memadai atau berukuran standar umum bahkan internasional.
  3. Memperhatikan sirkulasi udara gedung dan lapangan futsal dengan cara mengusahakan sedemikian rupa agar saluran udaranya atau ventilasi udara relative cukup,  sehingga pengguna akan merasa lebih nyaman dalam bermain futsal atau menikmati suasana.
  4. Untuk mendukung suasana di ruang tunggu dapat disediakan televisi sebagai media informasi dan sarana hiburan bagi para pemain/pengunjung.
  5. Sediakan pula informasi/majalah futsal atau bahan bacaan yang menghibur pemain/pengunjung.
  6. Mempersiapkan berbagai peralatan, perlengkapan, dan infrastruktur lainnya atas dasar prinsip kecukupan dan kememadaian kuantitas maupun kualitasnya.
  7. Berbagai kesiapan tempat dan peralatan futsal ditunjang pula dengan acara pembukaan (grand opening) dengan maksud agar tempat dan lokasi futsal yang ada lebih dikenal dan  dilirik banyak orang. Pada akhirnya pengguna dapat menggunakan lapangan futsal dengan berbagai fasilitas secara kontinu.  Dengan kondisi ini, usaha futsal yang digeluti banyak dikenal orang, digemari, dan usaha berkesinambungan dalam jangka pendek maupun panjang.
  8. Agar tempat dan keberadaan usaha dan lapangan futsal selalu dapat diketahui orang atau calon pengguna, maka pemasangan spanduk atau billboard di depan tempat futsal.
  9. Berikan layanan yang memuaskan para pemain/pengunjung lapangan futsal agar mereka betah dan menikmati lapangan futsal sebagai arena bermain dan arena hiburan bersama.


FAKTOR KRITIS PADA KEBERHASILAN USAHA


http://3.bp.blogspot.com
Selain memeberikan nilai manfaat dan keuntungan bagi pemiliknya, terdapat sejumlah hambatan dan kendala sebagai faktor kritis dalam menjalankan usaha futsal  yang harus dihadapi.  Paling tidak terdapat beberapa hambatan yang mungkin dihadapi, di antaranya adalah menyangkut hal-hal sebagai berikut.
Kesadaran pelanggan dalam menjaga lingkungan tempat dan fasilitas tempat futsal sangat menentukan kenyamanan pemakaian ruangan dan lapangan futsal.  Kesadaran pelanggan yang rendah terhadap ruang dan fasilitas lapangan futsal mengakibatkan kerusakan lapangan dan fasilitas, ketidaknyamanan, sehingga dalam jangka panjang dapat mengurangi nilai omzet bahkan tingkat pendapatan atau keuntungan usaha futsal yang semakin menurun.

http://www.swaberita.com
 

http://bisnisukm.com
 
Adanya perilaku atau tindakan pelanggan yang sering berulah pada saat penggunaan lapangan atau mengotori tempat futsal juga ikut berkontribusi terhadap ketidaknyamanan dan kekotoran lapanganfutsal. Oleh karena itu, pemantauan keadaan pada saat lapangan futsal digunakan memerlukan perhatian serius dan tindakan sesegara mungkin, agar faktor ketidaknyamanan dalam pemakaian apangan dapat teratasi.
 
  • Lapangan dan ruangan fasilitas pemain/pengunjung dilengkapi dengan ventilasi yang baik dan pencahayaan yang cukup terang, sehingga mendukung kenyamaan dan keamanan dalam bermain maupun menunggu.
  • Jika lapangan futsal menggunakan rumput sintetis, maka kemungkinan besar mudah terjadi kerusakan lapangan. Jika seperti ini, maka  perlu dilakukan perawatan berkala dan terkendali.
  • Persaingan dengan para pesaing lain yang menekuni usaha futsal perlu diperhatikan, jika mungkin dilakukan pendekatan dan pembicaraaan agar tercapai kesepakatan bersam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar